Tuesday, January 27, 2009

Tajuk Februari 2008

Salah satu hal yang menyebabkan cepat terkurasnya kekayaan sumber daya alam di Indonesia adalah kesalahan dalam mengelola kekayaan sumber daya tersebut.
Coba saja bayangkan, jika tanaman langka asli Indonesia tidak dipelihara dengan baik, kemana lagi generasi mendatang akan mencari ?
Untunglah Indonesia masih mempunyai kebun raya yang memprakarsai strategi konservasi tumbuhan secara ex-situ ( diluar habitat alami ). Kata kunci untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati di Indonesia harus berjalan dua sisi, yaitu mensejahterakan rakyat dan menyelematkan keanekaragaman hayati.
Jika pemanasan global tidak ditekan, kelestarian dan keutuhan tumbuhan satwa dan ekosistemnya akan sulit terdeteksi, untuk saat ini beberapa jenis pohon berubah menjadi pohon langka, bahkan tibanya musim tertentu di suatu negara, kini mulai bergeser dan tidak lagi sesuai dengan kebiasaannya
Sebenarnya dengan hidup senafas dan selalu menjaga kelestarian lingkungan akan membuat asyik pemandangan dan nyaman sekaligus menjauhkan diri dari bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi.

No comments:

Post a Comment